tips

Mengenal Apa Itu Pameran

Pameran, menurut bahasa sendiri, merupakan kegiatan dimana para pekerja seni menyajikan karyanya agar bisa dikomunikasikan sehingga nantinya dapat diapresiasi oleh masyarakat. Namun selain itu, pameran sendiri termasuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mana produsen serta konsumen bertemu, lantas para produsen melakukan promosi sembari menampilkan contoh dari produk mereka.
Pameran sendiri rupanya banyak macamnya, dan beberapa diantaranya yakni seperti bazaar, fair, expo, pekan raya, show, ataupun pasar murah. Dan ada beberapa jenis pameran bila ditinjau dari waktu serta tempatnya, antara lain:

  • Pameran Tetap atau Permanent Exhibition
    Pameran Tetap merupakan pameran yang biasanya memamerkan banyak karya yang masih terhitung koleksi. Pameran ini tak terikat oleh berapa lama waktu dan nyaris tak pernah tutup. Contoh pameran jenis ini adalah galeri seni dan museum.
  • Pameran Rutin atau Temporary Exhibition
    Pameran satu ini biasanya diadakan di waktu-waktu khusus atau tertentu. Contohnya yakni pameran seni rupa yang biasa diadakan satu tahun sekali. Adapun waktu maksimal untuk pameran ini biasanya selama satu bulan.
  • Pameran Keliling atau Travelling Exhibition
    Yang satu ini biasanya menampilkan karya tertentu dan terikat oleh maksud, tujuan, serta rutinitas pelaksanaan. Biasanya pula, pameran ini merupakan hasil kerjasama antar organisasi. Umumnya, penyelenggaraan pameran ini setidaknya berlangsung selama 10 hari.
    Namun, selain ditinjau dari waktu dan tempat, rupanya ada juga beberapa jenis pameran lain yang bila ditinjau dari keragaman yang dipamerkan ke masyarakat, yakni:
    – Pameran Heterogen
    Untuk jenis yang ini, karya yang dipamerkan di dalam acara rupanya dari beragam cabang seni rupa. Waktu, tempat, serta peristiwa pelaksanaannya ada di titik sama (semua jenis dipamerkan di satu tempat, waktu, dan peristiwa).
    – Pameran Homogen
    Untuk yang ini, penyelenggaraannya hanya menampilkan dari satu cabang seni. Karya yang dipajang atau pamerjan tak tergantung jumlah peserta dalam pameran atau pemilik karya. Seorang peserta bisa saja memamerkan lebih dari satu karya.
    Dengan adanya pameran, baik produsen maupun konsumen mendapatkan begitu banyak dampak positifnya, yang mana salah satunya sebagai tolak ukur serta potret dari perkembangan seni rupa yang ada.

Tinggalkan Balasan